Home » , , » SGH-i780: Smartphone Andalan Baru Samsung

SGH-i780: Smartphone Andalan Baru Samsung

Written By Kaisar Woll on 2008/07/09 | Wednesday, July 09, 2008


SPESIFIKASI Samsung SGH-i780

Jaringan: GSM 900/1800/1900 MHz. HSDPA 2
Dimensi: 115.9 x 61,3 x 12,9 mm
Berat: 120 gram
Display: TFT 65.000 warna, Res. 320 x 320 pixel, Touchscreen
Kamera: 2 Mpix, Res. 1600 x 1200, Video recording, Kamera depan VGA
Memory: RAM 128 MB, ROM 256 MB, Slot kartu MicroSD.
Fitur: HSDPA, WLAN 802.11b/g, EDGE kelas 1, GPRS kelas 10, Internet Explorer browser, Opera Mobile 8.65, Bluetooth, USB, SMS, MMS, Email, Instant Messaging, Windows Live, Office Mobile (Word, Excel, PowerPoint, OneNote), Windows Media Player, Mini Player, Java MIDP 2.0, Finger Mouse, Video calling, Photo slide, Voice recorder, Organizer
Batere: Lithium Ion 1480 mAh
Standby Time: 400 jam
Talk Time: 7 jam

Samsung SGH-i780. Sebenarnya produk ini sudah diluncurkan bulan September tahun lalu. Namun di Indonesia, produk ini baru mau masuk pasar. Produk ini merupakan lanjutan dari SGH-i600 yang laris manis di pasar Amerika dan Kanada.

Desain

SGH-i780 berdesain kotak yang tipis. Walaupun tidak setipis saudaranya, untuk ukuran sebuah smartphone jelas ia termasuk golongan langsing. Penampilannya terkesan gagah dan elegan dengan balutan warna hitam berkilat.

SGH-i780 nampak sedikit lebih panjang dan gemuk dibandingkan SGH-i600 meskipun secara sepintas serupa. Ini adalah akibat penambahan sejumlah fitur baru. Yang terlihat jelas adalah layar super terang jenis TFT ukuran 2,5 inch. Dengan adanya layar yang lebih lebar ini, jelas desain dan ukuran tombol pun menyesuaikan. Ukuran tombol QWERTY-nya sedikit menciut dibandingkan i600. Susunan tombol softkeys, angkat-tutup dan navigasi pun berubah. Ada yang unik di tombol navigasi i780, dimana produk ini menerapkan mekanisme touch sensitive keys. Alhasil, tidak perlu lagi pencet kanan, pencet kiri buat menjalankan menu.

Fitur

SGH-i780 memiliki fitur yang sangat komplet sebagai sebuah handphone pintar. Sistem operasinya menggunakan OS Windows Mobile 6 Professional. Dalam kondisi standar, OS ini sudah terintegrasi banyak aplikasi menarik yang mendukung berbagai fungsi. Ada Office Mobile, Instant Messaging, Windows Live (untuk sinkronisasi email Hotmail dan update layanan Windows Live), Windows Media Player, Internet Explorer dan Opera browser.

Dari segi hardware pun, SGH-i780 mempunyai layar sentuh TFT 65 ribu warna, keyboard QWERTY, kamera 2 Mpix plus kamera depan (VGA) buat acara video call, teknologi HSDPA, WiFi, touch sensitive key dan prosesor Marvell PXA310. Sangat lengkap. Pastinya kombinasi software-hardware kelas atas ini saling kompatibel dan saling dukung.

Kinerja

Kinerja SGH-i780 sangat baik. Setting yang ada mudah untuk dikonfigurasi, dan keberadaan tombol navigasi di hape ini terasa sekali membantu membantu kita mengoperasikannya. Tombol navigasi berteknologi touch sensitive keys ini punya dua mode gerak, yaitu 4-way navigation (gerakannya seperti tombol navigasi biasa) dan mouse (gerakannya persis dengan mouse PC,lengkap dengan cursor). Tombol QWERTY-nya, meski berukuran lebih kecil dari sebelumnya, ternyata tetap enak digunakan. Menggunakan dua jempol untuk mengetik pun nggak masalah, tombol tetap nyaman disentuh.

Satu lagi yang terasa mudah saat menggunakan i780 adalah fasiltas Email. Pengaturan account email di hape ini nggak ribet, apalagi buat yang punya account hotmail, Yahoo! Dan Google. Mobilers yang punya account ketiga penyedia layanan itu nggak perlu masukin setting POP3 atau SMTP, karena akan otomatis dicariin lewat internet. Kita cuma perlu masukkin user name sama password, simple banget.

Keberadaan prosesor Marvell PXA310 dengan kecepatan CPU clock 624 MHz terbukti mampu meningkatkan kinerja hape. Membuka berbagai macam aplikasi terasa cepat di hape ini. Begitu juga soal kestabilan waktu membuka banyak aplikasi (multitasking), hape tetap bekerja optimal. Catatan saya, i780 masih bekerja maksimal saat membuka 5 aplikasi bersamaan.


5 comments:

  1. Anonymous3:22 PM

    Mas Bambang,
    website anda sangat informatif terutama yang berhubungan dengan dunia handphone. Informasi ini sangat berguna untuk orang seperti saya yang ingin memiliki jenis handphone baru. Terima kasih atas infonya

    ReplyDelete
  2. itulah tujuan pembuatan blog ini mas, untuk sharing informasi. Kebahagiaan terbesar adalah memberi manfaat sebesar-besarnya bagi orang lain. Pasti mas jimmy lagi nge-tes "no-follow" ya...

    ReplyDelete
  3. Anonymous4:19 PM

    mantap, man

    ReplyDelete
  4. Anonymous3:52 PM

    kekuatan battryx salah tuh di spesifikasix yang bener 1000mah

    ReplyDelete

Pasang Iklan

Recent Post


Powered by Blogger.

Popular Posts