Home » , , » Samsung SGH-L170, Paduan Desain & Fitur Menawan

Samsung SGH-L170, Paduan Desain & Fitur Menawan

Written By Kaisar Woll on 2008/08/07 | Thursday, August 07, 2008

SPESIFIKASI Samsung SGH-L170

Jaringan: UMTS/GSM 900/1800/1900 MHz
Dimensi: 102.3 x 45.8 x 10.7 mm
Berat: 86 gram
Display: TFT 256.000 warna, res. 176 x 220 pixel
Kamera: 2 MPix, 1600x1200 pixel, autofocus, video, flash; secondary VGA video call camera
Memory: Phonebook 1000 entries, microSD (TransFlash), 21 MB embedded memory
Fitur: GPRS kelas 10, EDGE kelas 11, Java MIDP 2.0, WAP 2.0/xHTML, HTML(NetFront), RSS feeds, Bluetooth dengan A2DP, USB, SMS, EMS, MMS, Email, MP3/AAC/eACC/WMA player, Mobile blogging, Google search, FM radio with RDS, Picture editing, Organizer, Built-in handsfree
Batere: Li-ion
Standby Time: 250 jam
Talk Time: 2 jam 50 menit

Samsung, salah satu vendor hp raksasa asal Korea ini memang cukup ahli dalam mengeluarkan desain handphone yang menarik, sekaligus mempunyai fitur hebat. Simak paduan desain dan fitur wah dalam handphone yang akan dibahas kali ini: Samsung SGH-L170.

Desain

Full mengkilat. Kesan demikian yang bakal muncul setelah melihat penampilan Samsung SGH-L170. Seluruh badannya tertutup oleh bahan yang ber-finishing glossy dengan warna metalik. Ibarat badan manusia, mengkilat mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala. Kalau pada kebanyakan hape, biasanya porsi glossy lebih sedikit ketimbang doff. Namun nggak begitu dengan peranti yang satu ini. Bener-bener blink-blink deh, kayak anak hip hop.

Setiap desain pasti punya kelebihan dan kekurangan. Begitu pula halnya penampilan yang menggunakan kebijakan kayak gini. Bodi hape memang terlihat lebih kokoh dan tangguh. Begitu pula halnya dalam urusan gaya. Pengguna akan terlihat lebih modis dan trendy. Tapi yang bikin nggak enak, mobilers harus sering-sering-sering membersihkan tubuh L170. Kalo nggak, hape ini akan kelihatan kotor dan jorok akibat bercak sidik jari yang ngejeplak di mana-mana.

Di bagian muka, tampilan mirror look berguna buat menyembunyikan layar ketika sang display dalam posisi nggak aktif. Dan yang namanya mirror, pasti juga bisa dipake buat ngaca darurat. Lumayan lah, daripada melipir dan ngaca di pintu lift.

Teknologi yang masih cukup baru juga digunakan pada perangkat ini. Yaitu fitur touch sensitive key. Selain berdampak pada kesan yang futuristis, hape ini juga tampil lebih minimalis. Satu hal yang cukup menarik adalah desain keypad. Bentuk papan tombol yang diberikan benar-benar baru dan sama sekali nggak mirip dengan keypad-keypad yang biasanya terdapat pada hape. Kendati kecil, keypad ini tetap mudah diakses orang berjari besar. Kendati rata dengan tombol-tombol di sebelahnya, keypad nomor 5 yang diberi tonjolan membuat mobilers nggak akan kebingungan ngetik SMS tanpa melihat ke bodi hape.

Fitur

Sebagaimana disebutkan di awal, selain desain yang molek, hape ini juga ditambahi dengan sejumlah fitur canggih. Di antaranya adalah kemampuan dalam mendukung mobile blog. Sayangnya, cuma ada segelintir orang yang memanfaatkan fitur mobile blog ini. Belum lagi situs mobile blog yang tersedia pada perangkat ini adalah ShoZu. Terus terang, nama ShoZu di wilayah mobile blog masih asing banget, apalagi buat telinga orang Indonesia. Tapi terus terang lagi, hape ini juga masih prototype. Masih ada kemnungkinan sang vendor akan bekerja sama dengan penyedia layanan mobile blog yang lebih umum untuk orang kita.

Untuk urusan internet, tersedia pula aplikasi Google Search. Software ini udah barang tentu akan memudahkan mobilers yang hobi banget googling. Karena untuk mencari situs di internet, nggak perlu ritual mengetik www.google.com pada slot address web browser. Banyak waktu dan bandwith yang bisa dihemat.

Masih berurusan dengan Google, di hape ini juga tersedia software Gmail. Pengguna account email gratisan kini akan lebih mudah menarik email yang ada di server Google untuk ditayangkan di layar L170. Mengingat biaya GPRS di negeri ini yang rata-rata berbasis volume, atau membayar berdasarkan jumlah kilobyte, berkat layanan Gmail di hape, budget untuk mengakses email bakal lebih mudah ditekan. Kemampuan L170 yang udah didukung jaringan 3G turut memberikan kenyamanan tambahan. Sebab, dengan jaringan generasi ketiga tersebut, akses internet akan lebih cepat.

Kinerja

Urusan kinerja sih nggak banyak yang harus dikomentari. Secara hape ini kan lebih mengutamakan unsur desain. Paling-paling, gimana hubungan sang desain dengan kenyamanan penggunaan. Well, selama proses penggunaan sih sama sekali nggak ada kesulitan. Tuts yang sejajar dengan tombol di sebelahnya pun nggak bikin saya keserimpet ketika ngetik SMS tanpa melihat bodi hape.

Touch sensitive key? Sama aja nyamannya. Sebab, tiap kali jari berhasil mengakses tombol sentuh ini, sang hape akan bergetar pertanda kita telah berhasil menekan tuts. Kalau ada yang bikin rada kurang nyaman adalah ukuran layarnya yang mungil. Terus terang, ukuran layar yang hanya 1,6 inci ini bikin mata kurang nyaman dalam menikmati gambar dan video yang ada di dalam memori. Begitu pula ketika memanfaatkan kamera untuk mengambil gambar.

11 comments:

  1. tolong ulas mengenai handphone sonny ericson c900 donk
    thanks

    ReplyDelete
  2. Wah lumayan ya.. Co2k banget buat gua.. He2x..

    ReplyDelete
  3. iya tolong ulas tentang sony ericsson

    ReplyDelete
  4. banyakin gamenya mas..

    ReplyDelete
  5. Salam kenal... Mau kenalan dibayar? klik blogku.

    ReplyDelete
  6. Desain Samsung memang yang paling cantik, tapi nggak tahu kenapa hp Samsung saya cepat rusak.

    ReplyDelete
  7. ada yang tau headset bluetooth yang kompatibel buat SGH-L170 ini gak?

    ReplyDelete
  8. spectraman3:45 PM

    saya pake samsung SGH L170, hape ini bisa dijadikan modem 3G buat laptop saya ga? klo bisa gimana caranya
    reply via email juga gapapa !
    thx b4

    ReplyDelete
  9. 1.install cd PC studio ke laptop
    2.phone settings --> PC connection --> Samsung PC studio
    3.sambungkan HP dg kabel data. Restart laptop.
    4.Klik icon samsung PC studio 3 lalu ikuti langkah2 selanjutnya.Selamat mencoba.

    ReplyDelete

Recent Post


Powered by Blogger.

Popular Posts