Home » » Android, .... Satu lagi dari Google !

Android, .... Satu lagi dari Google !

Written By Kaisar Woll on 2008/02/25 | Monday, February 25, 2008

Rumor yang beredar sebelumnya adalah kalau Google akan merilis Google Phone atau GPhone atau hape Google. Tapi, Andy Rubin yang ditunjuk sebagai bos divisi mobile di Google mengatakan kalau teknologi ini lebih dari itu. “Kita tidak sedang membangun GPhone; kita akan membuat sesuatu yang bikin orang bisa buat 1000 GPhone!," itu katanya. Kalau teknologi ini berhasil mungkin kutipan itu akan dikenang sepanjang masa.

Teknologi itu bernama Android. Android memang bikin Google melangkah maju lagi. Setelah kita dibulan-bulani berbagai aplikasi web buatan Google yang keren-keren itu, ternyata Google pengen orang lebih terkesima lagi dengan teknologi mereka. Tidak cukup dengan Gmail, Google Earth, Google Gadget, iGoogle, Google Book Search, Adsense, mereka bikin heboh dengan Android itu. Android ini bukan robot yang bisa ngomong di dunia sains fiksi Spielberg. Ini bakal lebih hebat dari fiksi, Android adalah teknologi yang jadi andalan Google untuk nantinya bakal jadi sebuah sistem operasi baru buatan mereka.

Android pada dasarnya bukan murni bikinan Google. Android adalah sebuah program dasar untuk Google mengembangkan teknologi mereka di hape. Google percaya dengan memakai aplikasi Android ini, masa depan dunia hape bisa makin cerah. Android juga nantinya bakal jadi sebuah dasar dari sistem operasi baru buatan Google. Bisa jadi namanya Android itu sendiri. Google juga sudah menyatakan bahwa sebuah hape yang boleh disebut GPhone akan rilis di kuartal kedua tahun 2008. Rumornya GPhone bertenaga Android pertama nanti merupakan bikinan HTC dan diberi nama Dream. Meski begitu pada dasarnya Android ini tetap merupakan platform untuk segala hape.

Andy Rubin yang notabene juga pendiri Android dan akhirnya dibeli Google di tahun 2005 itu memang super pede dengan kehadiran teknologi ini. Dengan digandengnya 30-an perusahaan IT besar, kehadiran Google di hape bakal berdampak luas di masyarakat. Banyak yang memang mengakui bahwa sudah saatnya sebuah hape itu gokil di internet. Dan, kalau sudah bicara internet, nama Google sudah pasti jadi jaminan. Bahkan juga disebutkan bahwa aliansi ini terbuka untuk siapa saja, bahkan untuk kompetitor Google di masa depan. Ini karena Android sendiri sifatnya open source, siapa saja bisa utak-atik.

Andy Rubin juga menyatakan bahwa sistem Android ini bakal ramah. Selain Android merupakan sistem yang open source, teknologi ini juga didesain untuk hape dengan macam tingkat teknologi. Mau hapenya berlayar gede, kecil, dengan QWERTY atau tidak, tidak jadi soal. Bahasa pemrogramannya juga dibikin sefleksibel mungkin biar para pengembang aplikasi bisa dengan mudah bikin di platform ini. SDK (Sistem Developer Kit – semacam software dan sistem dasar buat para pengembang aplikasi) Android sudah muncul di http://code.google.com/android/. Siapa saja bisa mengambil dan berdiskusi mengenai teknologi itu secara bebas.

Semua pada akhirnya memang menanti gimana jadinya kalau Google main di bisnis hape. Banyak loh yang percaya dengan kemampuan yang dimiliki Google dan akhirnya memutuskan buat gabung ke dalam aliansi tadi. Di dalam aliansi ini terdapat nama-nama besar seperti KDDI, NTT DoCoMo, Sprint Nextel, Telecom Italia, Telefonica, dan T-Mobile. Nokia, Palm, Microsoft, Apple memang masih sombong, nggak mau ikutan. Tetapi, bukan berarti kalau ini berhasil mereka juga ikut-ikutan ngembangin sistem ini.

Artikel ini diambil dari sini

2 comments:

  1. Google percaya dengan memakai aplikasi Android ini, masa depan dunia hape bisa makin cerah!!

    ReplyDelete
  2. Google mang TOP BGT, tetap berusaha menjadi no.1 diantara banyaknya search engine yang lain..

    nice info

    ReplyDelete

Recent Post


Powered by Blogger.

Popular Posts