Home » » Solusi Telepon Murah lewat VoIP

Solusi Telepon Murah lewat VoIP

Written By Kaisar Woll on 2008/01/28 | Monday, January 28, 2008

Berkomunikasi melalui telepon tidak hanya bisa dilakukan dengan mengandalkan pesawat telepon konvensional maupun handphone saja, namun melalui Internet kita juga bisa melakukannya, yakni melalui teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol).
VoIP juga dikenal dengan sebutan IP (Internet Protocol) Telephony atau Telepon Internet. Dengan VoIP, kita tidak lagi memerlukan pesawat telepon.

VoIP sendiri lebih sering digunakan untuk sambungan panggilan jarak jauh, seperti interlokal maupun internasional. Alasan utamanya dikembangkannya teknologi ini tidak lain adalah karena mahalnya biaya komunikasi, dalam hal ini telepon konvensional. Oleh karenanya alasan utama orang memakainya pun adalah karena murah, atau bahkan bisa dibilang 'gratis' karena tidak dikenai biaya pulsa konvensional, hanya memerlukan biaya sambungan Internet saja. Untuk memulai suatu pembicaraan VoIP, kita hanya memerlukan seperangkat komputer, mikrophone dan speaker serta koneksi Internet saja.

Pada dasarnya ada tiga jalan untuk menggunakan VoIP, yang pertama adalah jika kedua belah pihak mempunyai komputer beserta sambungan Internetnya. Jalan yang kedua adalah jika pihak yang satu memakai komputer sedangkan pihak yang lain memakai pesawat telepon. Sedangkan yang ketiga adalah kedua belah pihak menggunakan pesawat telepon.

Hal menarik dari VoIP adalah bahwa dalam penggunaannya VoIP tidak memerlukan infrastruktur tambahan, sehingga menghemat biaya. VoIP meneruskan suara melalui infrastruktur standart Internet, dengan memakai protokol IP. Itulah mengapa kita dapat berkomunikasi tanpa harus membayar lebih selain harga koneksi Internet itu sendiri, hal ini tentu saja sangat menguntungkan untuk komunikasi jarak jauh (interlokal maupun internasional) yang pada penggunaan telepon konvensional biasanya menghabiskan biaya yang mahal. Untuk memudahkan pemakaian teknologi ini, kini telah tersedia berbagai macam layanan gratis VoIP seperti Skype, Gizmo, VoIPStunt dan berbagai macam aplikasi layanan VoIP lainnya.

VoIP bisa menjadi tidak gratis lagi jika digunakan jauh dari komputer, semisal menggunakan perangkat pesawat telepon atau handphone, karena penggunaannya akan memerlukan layanan berbayar. Namun begitu layanan yang dimaksud tetaplah lebih murah dibandingkan dengan penggunaan jasa telepon konvensional. terutama untuk penggunaan jarak jauh internasional, menurut analisa bisa menghemat biaya hinga hampir 90%.

Sebagai teknologi yang relatif baru, VoIP dengan cepat telah diterima secara luas. Namun begitu, VoIP diharapkan terus mengembangkan teknologinya di masa yang akan datang, terutama dalam hal pengaturan pemakaian dan masalah keamanannya. Selain itu VoIP telah berhasil memposisikan diri sebagai salah satu kandidat teknologi terbaik pengganti POTS (Plain Old Telephone Systems).

Pertumbuhan pemakaian VoIP sendiri dapat diperbandingkan dengan pertumbuhan Internet pada awal 90'an. Tentu saja hal ini tidak lepas dikarenakan kesadaran masyarakat akan keuntungan dari pemakaian teknologi ini dalam solusi komunikasi masyarakat, khususnya di Indonesia dimana biaya komunikasi terbilang masih mahal.

Artikel diambil dari sini.

3 comments:

  1. iya tapi sayangnya internet di indo masih mahal gan...kalopun murahlelet banget... moga kedepannya lebih baik

    ReplyDelete
  2. kecepatn minmal berapa untu bisa mengakses VOIP ?

    ReplyDelete
  3. VOIP murah tapi internet masih mahal

    ReplyDelete

Pasang Iklan

Recent Post


Powered by Blogger.

Popular Posts