Home » » Aplikasi Wajib Smartphone Symbian

Aplikasi Wajib Smartphone Symbian

Written By Kaisar Woll on 2007/11/28 | Wednesday, November 28, 2007

Bagi pemilik ponsel pintar alias smart phone dengan OS Symbian, berikut ini saya berikan aneka macam aplikasi yang diambil dari News Ponsel.

Aplikasi Wajib Smartphone Symbian

Symbian merupakan sistem operasi pada Smartphone yang sangat dikenal di beberapa Smartphone buatan Vendor terkemuka dan sangat mampu disejajarkan pada sederetan sistem operasi lain pada Smartphone atau PDA di masa sekarang ini, semisal Palm, Linux, dan Pocket PC Windows Mobile. Symbian juga terdapat pada beberapa versi atau edisi pada platform User Interface perkembangan maupun evolusinya.

Nah, pada saat ini NP mencoba mengulas beberapa Aplikasi yang wajib digunakan atau kalau boleh dikatakan ”wajib punya / Must Have” di beberapa Smartphone Symbian. Seperti yang telah NP katakan, platform pada OS Symbian dibagi menjadi empat kategori utama User Interfacenya, yaitu Symbian S60, Symbian UIQ (User Interface Quartz / S70), Symbian S80 (Communicator Series), dan Symbian S90. Pada ulasan pertama ataupun utama, NP mulai dari Symbian S60.

Untuk Symbian Series 60 UI 6.0 adalah Nokia 7650, beberapa aplikasi wajib yang harus digunakan pada S60 UI 6.0 adalah FileMan



FileManager

merupakan Aplikasi Symbian File Manager yang pertama di Smartphone Symbian S60, berguna untuk menjelajah semua direktori system Smartphone Symbian S60 UI 6.0 terutama pada Nokia 7650, ponsel Smartphone Symbian pertama yang diproduksi oleh Nokia, setelah Symbian EPOC Ericsson R380s. Mengingat Nokia 7650 tidak memiliki memori eksternal, maka kami hanya merekomendasikan FileMan.

Filling System,

pada Symbian S60 UI 6.1 ada juga beberapa Aplikasi yang wajib dimiliki, yaitu FExplorer. FExplorer merupakan salah satu Aplikasi Jelajah (Eksplore) yang paling bagus untuk Symbian S60.Meskipun bukan merupakan aplikasi baru, FExplorer masuk dalam kategori aplikasi yang wajib dimiliki pada ponsel Symbian seri 60. Versi stabil dan yang paling terakhir dari FExplorer adalah versi 1.17.

Satu lagi yang menyenangkan dari Aplikasi ini adalah Free, alias tak berbayar. Menjelajah dengan isi ponsel bisa dilakukan dengan FExplorer. Kita bisa meng-cut, meng-copy, dan mem-paste file-file pada ponsel. Kita bisa memindahkan file dari satu folder ke folder yang lainnya.

Kita bisa mengutak-atik direktori (folder) dari ponsel -membuat yang baru, meng-cut, meng-copy, dan mem-paste-nya. Kita juga bisa melakukan pencarian file atau membuka aplikasi langsung dari direktori penyimpanannya. Berbagai fungsi yang seperti itulah yang membuat aplikasi ini pantas dan wajib untuk dimiliki. Bahkan, dari FExplorer kita bisa mengirimkan beberapa file musik, video, dll melalui e-mail, MMS, Bluetooth, atau Infra Red.

Setting Wizard

Aplikasi ini penting dan wajib dimiliki oleh semua pengguna Smartphone Symbian S60, dimulai dari Smartphone Symbian S60 v2 UI 7.0, semisal pada handset Nokia 6600 dan seri Smartphone Symbian S60 keatas. Dengan menggunakan Aplikasi ini, maka Ponsel Smartphone Anda secara otomatis akan menyetel settingan GPRS sebagai akses internet browser maupun kirim dan terima pesan MMS.

Back Up Data Kontak

Aplikasi ini sangatlah penting untuk memback up data phone book nomor-nomor penting yang tersimpan pada Smartphone Symbian S60 untuk disimpan di MMC. Ketika akan melakukan Hard Reset, install terlebih dahulu Aplikasi Smart VCard atau Best VCard untuk memback up nomor-nomor kontak di phone book lalu untuk disimpan di MMC agar data-data nomor penting tidak hilang atau ikut terhapus ketika melakukan Hard Reset. Dengan format file *VCF, pengguna juga dapat mengirimkan file nomor-nomor kontak phone book melalui Bluetooth atau Infra Red.

Back Up Data SMS

Ini dia aplikasi penerima pesan untuk langsung disimpan di MMC. Meskipun pengguna menerima pesan file dengan kapasitas besar, tidak perlu khawatir lagi untuk dapat menerima pesan atau suatu file yang dikirim melalui Bluetooth atau Infra Red dengan berkapasitas besar untuk dapat langsung disimpan di MMC. Bagi pengguna Smartphone yang tidak dapat menerima pesan dengan kapasitas besar atau tiadanya penyetelan pesan untuk langsung disimpan di MMC, semisal N-Gage, N-Gage QD, dan Nokia 3230 wajib menggunakan Aplikasi ini, yaitu MsvDriveE.

Perekam Video

Aplikasi ini wajib dimiliki oleh semua pengguna Smartphone Symbian S60 yang berkamera. Dengan ETI Camcorder atau Philips Camcorder Pro, pengguna dapat merekam moment-moment berharga melalui video. Tersedia pengaturan perekaman video dengan durasi yang tergantung oleh kapasitas memori eksternal, pengaturan cahaya dan pengaturan gambar dalam gerakan frame per detiknya.

Pemutar Musik

Kalau dulu Aplikasi pemutar musik Smartphone Symbian terfavorit adalah Ultra MP3 yang paling sering digunakan untuk memutar file-file musik MP3 namun sepertinya Aplikasi tersebut udah uzur dan harus menepi karena ada Aplikasi pemutar musik lain yang sangat unggul daripada Ultra MP3, yaitu LCG Juke Box. LCG Juke Box memiliki keistimewaan daripada Aplikasi pemutar musik lain karena memiliki tampilan dan fungsi Equalizer yang dapat memainkan file musik dengan hasil kualitas suara yang stereo.

Pemutar Video

Aplikasi ini sebenarnya tidak begitu penting namun di beberapa Ponsel Smartphone Symbian hanya dapat memutar file video dengan format *3GP, *RM, *MPEG dan *MP4 pada pemutar video standar bawaannya saja. Dengan Aplikasi Smart Movie, pengguna dapat memutar format file video *AVI yang memiliki resolusi gambar yang tajam dan halus dalam tampilan gerakan video frame per detiknya.

Anti Virus

mengingat Smartphone Symbian S60 sering kali kerap terinfeksi oleh Virus maka tiada salahnya untuk menginstal beberapa salah satu Aplikasi Anti Virus, semisal F-Secure Anti Virus, SimWork Anti Virus atau Anti CommWarrior tapi yang perlu diingat, gunakanlah Aplikasi Anti Virus yang telah ter-Up To Date dengan beberapa versi Aplikasi Anti Virus yang terbaru.

Task Manager

dengan Aplikasi Handy Task Manager, pengguna Smartphone Symbian S60v3 dapat mengendalikan seluruh Aplikasi pada Smartphonenya yang masih berjalan atau bekerja. Pengguna dapat membuka dan menutup Aplikasi yang masih terbuka, dan mengetahui informasi secara detail tentang Aplikasi yang terinstal di dalam Smartphonenya, seluruh informasi mengenai Aplikasi yang telah terinstal dapat ditemukan disini.

Filling Sistem Manager,

Aplikasi ini sangat mirip dengan FExplorer dan Y-Browser namun Aplikasi ini sangat memiliki kegunaan dari pada kedua Aplikasi Filling Sistem tersebut, Dengan Active File, pengguna dapat melakukan meng-cut, meng-copy, dan mem-paste file-file pada folder Ponsel maupun di MMC. Kita bisa memindahkan file dari satu folder ke folder yang lainnya. Kita bisa menelusuri bebrapa direktori (folder) dari ponsel dan membuat folder baru, meng-cut, meng-copy, dan mem-paste-nya.

Kita juga bisa melakukan pencarian file atau membuka aplikasi langsung dari direktori penyimpanannya dan mengirimkan suatu file video ataupun file musik dan ringtone melalui Bluetooth, Infra Red dan MMS ataupun Email. Aplikasi ini wajib dimiliki oleh pengguna Smartphone Symbian S60v3 OS9.2, semisal N95, E90, N81, Samsung SGH-i520, LG KS10 Joy, dll.

Berikut tadi merupakan beberapa Aplikasi Symbian S60 yang wajib dimiliki, nah setelah NP mengulas Aplikasi wajib Symbian S60, kini NP mencoba mengulas beberapa Aplikasi di Symbian UIQ (User Interface Quartz) yang wajib dimiliki oleh para pengguna Smartphone Symbian UIQ.

Filling Sistem,

ini dia Aplikasi Smartphone Symbian UIQ yaitu Best FileMan. Dengan Best FileMan, pengguna Smartphone Symbian UIQ 2.1 OS7.0, semisal Sony Ericsson P800, P900, P910, Motorola A920, Motorola A925, Motorola M1000 atau Nokia 6708 dapat menjelajah isi folder dan direktori di Smartphone Symbian UIQ dengan mengcopy, paste atau merename seluruh folder dan mengirim suatu file melalui Bluetooth, Infra Red, dll.

Disk Cleaner,

Aplikasi ini sangat wajib bagi semua pengguna Smartphone UIQ untuk membersihkan semua file-file sampah temporary, history, cookies yang tidak terpakai lagi, kompatibel dan sangat berguna untuk tipe Smartphone Symbian UIQ FOMA M1000, Arima ASP805, Arima U300, BenQ P30, Motorola A1000, Motorola A920, Motorola A925, Sony Ericsson P800, Sony Ericsson P802, Sony Ericsson P900, Sony Ericsson P908, Sony Ericsson P910, Sony Ericsson P910a, Sony Ericsson P910c, Sony Ericsson P910i dan Nokia 6708.

Back Up Kontak,

Seperti halnya dengan Smartphone Symbian S60, Aplikasi ini berguna untuk memback up data-data kontak atau phone book nomor-nomor penting untuk dapat disimpan di kartu memori dengan format file *VCF, juga dapat mengirimkan seluruh nomor kontak dalam sekali kirim melalui Aplikasi ini dengan menggunakan Bluetooth atau Infra Red.

Filling Sistem Manager,

Aplikasi ini sebenarnya mirip dengan Best FileMan bagi pengguna Smartphone Symbian UIQ 2.1 OS7.0 tapi Aplikasi ini ditujukan untuk pengguna Smartphone Symbian UIQ 3.0 OS9.1, yaitu Swiss Manager Pro. Swiss Manager Pro merupakan Aplikasi Filling Sistem yang sangat penting bagi pengguna Smartphone Symbian UIQ 3.0 OS9.1, semisal Sony Ericsson M600i, W950i, P990i, dan Sony Ericsson P1. Selain berfungsi sebagai File Manager, fungsi dan kegunaan Aplikasi ini dapat berfungsi juga sebagai Task Manager meskipun dalam mode flip tertutup atau terbuka juga terdapat menu informasi untuk menampilkan seluruh informasi secara detail mengenai system atau Aplikasi yang berjalan serta informasi mengenai memori RAM yang digunakan untuk multitasking.

Selain itu, fungsi untuk mengirim suatu file melalui Bluetooth, Infra Red dan Email juga masih dapat ditemukan disini. Aplikasi ini sangat wajib dimiliki bagi pegguna Smartphone Symbian UIQ 3.0 OS9.1. Nah, NP setelah mengulas Aplikasi wajib yang dimiliki pengguna Symbian UIQ, NP kembali melanjutkan ke Symbian S80 (Communicator).



File Storage,

Aplikasi ini merupakan Aplikasi Filling Sistem untuk menjelajahi seluruh direktori yang dimiliki oleh Smartphone Communicator Symbian S80 OS6.0 yaitu Nokia 9210. Dengan menggunakan Aplikasi File Manager, pengguna Communicator tak perlu repot untuk mencari file atau folder yang dicarinya, cukup gunakan Aplikasi ini maka semua file yang dicarinya dapat ditemukan disini.

Seperti halnya Aplikasi Filling Sistem yang lain, pengguna dapat juga mengirimkan file yang dimilikinya melalui Infra Red atau Email dan juga dapat dengan mengcopy, cut, paste atau merename suatu file atau folder. Aplikasi Filling Sistem ini merupakan Aplikasi jelajah khusus untuk Smartphone Communicator Symbian S80 OS7.0, semisal Nokia 9300, Nokia 9300i dan Nokia 9500.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan untuk menjelajah seluruh isi folder dan direktori, juga dapat membuat dan mengekstrak file *ZIP untuk dapat dikirimkan melalui Email. Mengcopy, cut, paste atau merename suatu file dan folder merupakan fungsi utama dari Aplikasi ini. Terdapat juga tombol navigasi shortcut untuk menjalankan Aplikasi ini, semisal Chr+Up/Down untuk memperbesar (Zoom) tampilan sebuah gambar, Shift+1 untuk membuka kembali folder yang terpilih sebelumnya, Ctrl+Shift+N untuk membuat shortcut baru, dan masih banyak lagi tombol shortcut navigasi lainnya.

Aplikasi ini juga dapat menyembunyikan suatu file maupun folder yang bersifat pribadi untuk mengantisipasi seseorang yang ingin mengutak-atik beberapa file maupun data di Communicator tersebut tanpa seizin pemiliknya. Selain Power File, pengguna Communicator juga dapat menggunakan Aplikasi Filling Sistem yamg lain semisal Best FileMan.

Pemutar Video,

Pengguna Nokia 9210 dapat menggunakan Aplikasi ini di Nokia 9210 untuk dapat memutar file video berformat *3GP dan *RM. Dengan menggunakan Aplikasi pemutar video Real Player, pengguna Communicator dapat menonton video koleksinya di Communicator Nokia 9210.

Selain Real Player untuk memutar file video, ada lagi Aplikasi pemutar video dengan gambar yang lebih bagus dan halus untuk memutar format file video *AVI yaitu Smart Movie.

Untuk Alternatif lain memutar file video, Communicator Nokia 9210 juga dapat memutar file video dengan format *SWF tapi menggunakan Aplikasi Third Party, yaitu Flash Player. Untuk memutar video Flash Player harus terlebih dahulu ada file videonya dengan format *SWF.

Pemutar Musik

Pengguna Communicator Nokia dapat menggunakan Aplikasi MP3GO atau Ultra MP3 sebagai media pemutar musik. Tampilan Aplikasi pemutar musik MP3GO tidak begitu mengecewakan, dengan playlist musik pilihan dan control panel yang dapat digunakan untuk memainkan koleksi lagu-lagu yang di inginkan.

Satu lagi pemutar musik untuk Communicator Nokia 9210, yaitu WavGO. WavGo adalah Aplikasi Third Party pemutar musik dengan format *WAV yang dapat dimainkan di Nokia seri Communicator. Setelah mengulas Smartphone Symbian S80, NP melanjutkan mengulas Smartphone Symbian S90 Aplikasi yang wajib dimiliki oleh para pengguna Smartphone Symbian S90.

Aplikasi Jelajah

Power File merupakan Aplikasi Filling Sistem yang paling penting atau dapat dikatakan yang paling wajib bagi pengguna Smartphone Symbian S90 OS7.0 pada Nokia 7710. Berbagai macam folder, direktori maupun file seluruh isi Nokia 7710 dapat ditemukan disini.

Seperti biasanya, copy, cut, move, delete atau mengirimkan suatu file melalui Bluetooth, Infra Red, MMS dan Email merupakan fungsi utama dari Aplikasi ini. Selain Power File, Aplikasi lain yang dapat digunakan sebagai Aplikasi FillingSistem alternative lain adalah Best FileMan.

Filling Multitasking Manager

Setelah Aplikasi Filling Sistem yang wajib dimiliki oleh pengguna Smartphone Symbian S90 OS7.0, kini Aplikasi lain yang wajib dimiliki selain Aplikasi Filling Sistem adalah Task Spy.

Aplikasi ini sangat berguna untuk memonitor Aplikasi-aplikasi lain yang sedang berjalan atau multitasking dan memberikan informasi secara detail mengenai Aplikasi tersebut beserta informasi mengenai sisa memori RAM yang sedang digunakan untuk multitasking. Selain Task Spy, pengguna Smartphone Symbian S90 OS7.0 atau Nokia 7710 dapat menggunakan Aplikasi alternate lain yaitu Best TaskMan.

Anti Virus

Meskipun Smartphone Symbian S90 OS7.0 Nokia 7710 jarang ada kasus terserang virus namun sebagai pengguna Smartphone Symbian wajib memiliki Aplikasi Anti Virus untuk membentengi Smartphone Anda dari serangan virus-virus yang biasanya merusak sistem-sistem pada Smartphone Symbian namun ada hal yang perlu diingat, gunakan Aplikasi anti virus yang telah ter-Up To Date atau Aplikasi anti virus dengan versi yang terbaru.

Begitu banyak jumlah Aplikasi-aplikasi Symbian yang telah diproduksi oleh para Developers atau Vendor dengan kategori dan tipe-tipe Smartphone Symbian yang tertentu dan diperuntukkan untuk para pengguna Smartphone Symbian, namun kali ini NP hanya mengulas beberapa contoh Aplikasi yang wajib dimiliki oleh para pengguna Smartphone Symbian.

Demikian pengulasan Aplikasi wajib di Smartphone Symbian dan semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi panduan bagi pengguna Smartphone Symbian, terutama bagi yang masih pemula. (rizal) Detail

FileMan v.1.01

Smartphone Symbian Kapasitas File: -Download Link: http://www.symbianware.com/download.php?id=fileman

FExplorer v.1.17

Symbian S60Kapasitas File: 118.5 KBDownload Link: http://www.gosymbian.com/FE_download.html

Setting Wizard v.2.4.7

Symbian S60Kapasitas File: 166.0 KBDownload Link: http://www.nokia.co.id/nokia/0,,78341,00.html?model=6600

Best VCard v1.02

Kompatibel: Symbian S60, UIQ, S80Kapasitas File: 34.1 KBDownload Link: http://www.symbian-freeware.com/s.php?querywords=best+vcard

MsvDriveE v1.00

Kompatibel: N-Gage, N-Gage QD, Nokia 3230Kapasitas File: 1.2 KBDownload Link: http://it.mobango.com/media_details/ngage-msvdrivee/7D093uVbOv8=%20-%2040k%20-

ETI Camcorder v.2.02

Kompatibel: Symbian S60v2 OS7.0Kapasitas File: 401 KBDownload Link: http://www.eti-camcorder.com/

LCG Juke Box, Smart Movie,

Kompatibel: Smartphone SymbianKapasitas File: -Download Link: http://www.lonelycatgames.com/?app=lcgjukebox%20-%2023k%20-

Anti Virus

Kompatibel: Smartphone Symbian Kapasitas File: -Download Link: http://f-secure-mobile-anti-virus-s60v3.en.softonic.com/symbian

Y-Browser v0.80

Kompatibel: Symbian S60v3 OS9.1Kapasitas File: 155.2 KBDownload Link: http://www.drjukka.com/YBrowser.html

Handy TaskMan v.01

Kompatibel: Symbian S60v3 OS9.1Kapasitas File: 147.5 KB Download Link: http://my-symbian.com/s60v3/software/applications.php?faq=1&fldAuto=132

Active File v1.23

Kompatibel: Symbian S60ve OS9.2Kapasitas File: 124.9 KBDownload Link: http://www.jaspp.net/?tag=Active_File

Disk Cleaner v1.0

Kompatibel: Smartphone Symbian UIQ 2.1 OS7.0Kapasitas File: 21 KBDownload Lonk: http://diskcleaner-pro-for-uiq.softonic.de/symbian

Swiss Manager Pro v1.60

Kompatibel: Smartphone Symbian UIQ 3.0 OS9.1Kapasitas File: 153 KB Download Link: http://my-symbian.com/uiq3/download/search.php?name=Swiss%20Manager%20Pro

File Manager

Kompatibel: Smartphone Symbian S80 OS6.0Kapasitas File: 311.2 KBDownload Link: http://www.9210.ru/

Power File v1.41

Kompatibel: Smartphone Symbian S80 OS7.0Kapasitas File: 184.6 JBDownload Link: http://my-symbian.com/s80/software/applications.php?faq=7&fldAuto=567

Real Player v2.4.5a2

Kompatibel: Smartphone Symbian S80 OS6.0Kapasitas File: 596 KBDownload Link: http://realplayer-for-mobile-devices.en.softonic.com/symbian

Flash Player v5.95

Kompatibel: Smartphone Symbian S80 OS6.0 Kapasitas File: 720 KBDownload File: http://www.aikon.ch/reviews/sw_review.php3?softwareid=235

Mp3 Go

Kompatibel: Smartphone Symbian S80 OS6.0 Kapasitas File: -Download File: http://m-internet.com/products/mp3go9200s/downloadform.asp

Wav Go

Kompatibel: Smartphone Symbian S80 OS6.0 Kapasitas File: 210 KBDownload Link: http://m-internet.com/products/Wavgo/main.asp

Power File v1.0

Kompatibel: Smartphone Symbian S90 OS7.0Kapasitas: 195.8 KBDownload Link: http://www.symbianware.com/product.php?id=powerfile90&pl=n7710

TaskSpy

Kompatibel: Smartphone Symbian S90 OS7.0 Kapasitas: 23 KB Download Link: http://my-symbian.com/s90/download/search.php?name=TaskSpy

6 comments:

  1. thanks banget bro,kebetulan gw gaptek ttg hp.skrg gw nemuin info yg tepat.

    ReplyDelete
  2. Sama-sama broer, senang bila anda merasa terbantu

    ReplyDelete
  3. makasih, lengkap banget informasinya

    ReplyDelete
  4. males pake symbian, gampang kena virus

    ReplyDelete
  5. enakan pake os java

    ReplyDelete

Pasang Iklan

Recent Post


Powered by Blogger.

Popular Posts